GRATIS UNTUK ANDA

loading...

Rabu, 06 Maret 2019

Tanaman Bayam Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sekilas Tentang Tanaman Bayam
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.
Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain - lihat Bayam (Spinacia)
.Tak hanya itu, sayuran hijau satu ini juga memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya. Apa saja? Yuk simak ulasannya seperti dilansir dari Kumparan.com 

1. Mencegah Peradangan 
 Bayam memiliki zat antiinflamasi yang cukup tinggi. Zat tersebut berperan untuk mencegah dan juga mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri. Mengkonsumsinya secara rutin juga dapat mencegah munculnya atheroklerosis, penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri.

2. Melawan Ostoporosis

Bayam sangat kaya akan sumber vitamin K, yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bukan itu saja, vitamin K dalam bayam juga diklaim dapat mencegah dan mengobati osteoporosis.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata
Bayam sangat tinggi akan kandungan beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Selain itu, mengkonsumi bayam secara rutin juga dapat mencegah peradangan dan iritasi mata.

4. Kaya Akan Fitamin Dan Mineral
Mengkonsumsi bayam setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Bayam dikemas dengan asam folat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi yang dapat membantu melindungi tubuh dari beragam penyakit serius seperti diabetes, batu ginjal, kanker, serangan jantung dan stroke.

5. Meningkatkan Metabolisme
 Protein yang terkandung dalam bayam juga dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, menyisipkan bayam dalam menu sehari-hari juga akan membuat perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

6. Meningkatka Kesehatan Otak
Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

7. Minim Kalori
Sayuran hijau seperti bayam mengandung kalori yang rendah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cup atau setara dengan 250 gram bayam mentah hanya memiliki sekitar tujuh kalori saja, sehingga sangat bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. 

Itulah manfaat-manfaat yang terkandung dari tanaman bayam, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA JUGA

APLIKASI BUMDES EXCEL DAN LPJ LENGKAP

PALING BANYAK DIKUNJUNGI