GRATIS UNTUK ANDA

loading...

Selasa, 05 Maret 2019

6 MANFAAT KESEHATAN DARI BUAH BELIMBING MANIS

Sekilas Tentang Tanaman Belimbing Manis
Belimbing / Belimbing Manis adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii.
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.
Selain Bentuknya yang unik belimbing memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga? Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari kumparanfood

1. Mengontrol Diabetes

Sebuah penelitian menemukan serat tak larut yang terkandung dalam belimbing dapat membantu mencegah pelepasan glukosa yang berasal dari makanan, yang pada akhirnya akan meminimalisir peningkatan kadar insulin, yakni penyebab memburuknya kondisi diabetes. Hal tersebut menjadikan belimbing sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

2. Meningkatkan sistem pencernaan
Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan, mengurangi gejala sembelit, kembung, kram dan juga diare. Selain itu, serat dalam belimbing juga sangat ampuh untuk meningkatkan penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat seledri Sebagai tanaman Obat Keluarga

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Imun)

Satu buah belimbing utuh dapat memenuhi 50 persen vitamin C harian. Vitamin tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga dapat mencegah risiko penyakit akibat virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit. 

4. Merangsang Produksi Asi 

Selain daun katuk, belimbing juga dikenal sebagai makanan sehat yang dapat merangsang produksi ASI pada ibu muda. Kandungan nutrisi dalam belimbing dipercaya sangat ampuh untuk melancarkan kelenjar susu yang tersumbat, dan memaksimalkan produktivitas ASI.

5. Memelihara Jantung
Belimbing mengandung zat natrium dan kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, membersihkan plak pada pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

6. Mencegah Kanker
Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

Mari kita budayakan Makan Buah Buahan segar, agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit sekian terima kasih  
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BACA JUGA

APLIKASI BUMDES EXCEL DAN LPJ LENGKAP

PALING BANYAK DIKUNJUNGI